HUKUM MEMBACA AL QURAN DI KUBURAN



✍🏻 Oleh Ustadz Berik Said hafidzhahullah
.
Sering kita dapati kaum muslimin yang sengaja membaca ayat Quran saat memasuki pekuburan atau di samping kuburan. Yang sering dibaca adalah Surat Yasin, Al-Ikhlash dan lain-lain.
.
Adakah ini dituntun oleh syari'at? Berikut kupasannya
.
▫ Kuburan Itu Bukan Tempat Peribadatan
.
Ada beberapa hadits shahih yang di dalamnya memberikan gambaran bahwa kuburan itu bukan tempat peribadatan.
.
Berikut sebagian haditsnya,
.
• Hadits pertama, dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
.
لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ 
.
"Janganlah kalian menjadikan rumah kalian seperti kuburan.
.
إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ
.
Sesungguhnya syaithan berlari dari rumah yang dibacakan padanya surat Al-Baqarah." [HSR. Muslim 780 dan lain-lain]
.
Hadits di atas melarang menjadikan rumah seperti kuburan. Dan bahkan sambungan hadits di atas menggambarkan bahwa rumah yang didalamnya sepi dari membaca Al Quran disamakan seperti kuburan.
.
Ini tentunya karena kuburan bukan tempat membaca Al Quran.
.
Andai kuburan itu tempat membaca Al Quran tentu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam akan berkata: "Jadikanlah rumahmu seperti kuburan".
.
Pemahaman semacam ini sebagaimana dikatakan oleh salah satu tokoh besar madzhab Syafi'i yakni Al Qodhii Al Baidhowi As Syafi'i rahimahullah yang saat menjelaskan makna penggalan pertama hadits di atas, yakni:
.
لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ
.
"Janganlah kalian menjadikan rumah kalian seperti kuburan."
.
Maka beliau menjelaskan:
.
أي: لا تجعلوا بيوتكم كالمقابر خالية عن الذكر والطاعة , واجعلوا لها نصيبا من القراءة والصلاة.
.
"Maksudnya adalah janganlah kalian menjadikan rumah kalian seperti kuburan, yang begitu sepi dari dzikir dan ketaatan, bahkan semestinya pada rumah kalian berilah porsi untuk peribadatan dari membaca Al Quran dan shalat." (Tuhfatul Abroor Syarah Mashoobihus Sunnah I:522)
.
• Hadits kedua, bukan hanya sekali saja Nabi memberikan penjelasan yang menunjukkan bahwa kuburan bukan tempat peribadatan dan tidak boleh dijadikan sebagai tempat peribadatan.
.
Jika hadits di atas dicontohkan dengan pembacaan ayat Quran khususnya surat Al Baqarah, maka sekarang lihat hadits berikut:
.
Dari Ibnu 'Umar radhiallahu 'anhuma menceritakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
.
اجْعَلُوا فِي بُيُوتِكُمْ مِنْ صَلاَتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا
.
"Jadikanlah rumah kalian sebagai tempat shalat kalian dan jangan jadikan rumahmu seperti kuburan." [HSR. Bukhari no. 432, Muslim no. 777, Abu Dawud no. 1043 dan lain-lain]
.
Hadits di atas berisi anjuran agar rumah kita diberi bagian shalat, yakni khususnya shalat sunnah dan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebut rumah yang didalamnya tak pernah ada orang yang shalat disamakan dengan kuburan.
.
Lagi-lagi ini menunjukkan bahwa kuburan bukan tempat shalat, bukan tempat peribadatan.

Seandainya kuburan itu tempat shalat atau peribadatan lainnya maka tentu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam akan mengatakan "jadikan rumahmu seperti kuburan yang didalamnya ditegakkan shalat. Tapi nyatanya tidak !
.
Bahkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang hal itu.
.
Maka atas dasar hadits di atas, Imam Bukhari rahimahullah membuat judul dalam Kitab Shahihnya:
.
بَابُ كَرَاهِيَةِ الصَّلاَةِ فِي المَقَابِرِ
.
"Bab : Dibencinya seseorang shalat di kuburan." [Shahih Bukhari I:94]
.
Bahkan seorang pakar hadits paling ternama dari madzhab Syafi'i, yakni Ibnul Hajar rahimahullah saat menjelaskan hadits di atas berkata:
.
وقد نقل بن المنذر عن أكثر أهل العلم إنهم استدلوا بهذا الحديث على 
.
"Ibnul Munzhir rahimahullah telah menukilkan dari mayoritas ulama bahwa dengan berlandaskan hadits (di atas) ini maka mayoritas ulama menetapkan
.
أن المقبرة ليست بموضع الصلاة 
.
"Bahwa, kuburan itu bukan merupakan tempat shalat."
.
وكذا قال البغوي في شرح السنة والخطابي … 
.
Hal yang sama juga dinyatakan oleh Al Baghawi rahimahullah dalam Syarhus Sunnah dan Al Khathobi rahimahullah…." (Fathul Baari Syarh Shahih Bukhari I:529)
.
Lagi-lagi ini menunjukkan pada dasarnya kuburan memang bukan tempat peribadatan semisal shalat, mengaji, berdzikir dan sebagainya.
.
Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Al Khurosyi Al Maliki rahimahullah yang pernah berkata:
.
أَنَّ الْقِرَاءَةَ لَيْسَتْ أَيْضًا مَشْرُوعَةً بَعْدَ الْمَوْتِ وَلَا عِنْدَ الْقَبْرِ ؛ 
.
"Sesungguhnya membaca Al Quran termasuk perkara yang tidak disyari'atkan baik setelah kematian maupun (dibaca) di pekuburan.
.
لِأَنَّهُ لَيْسَ مِنْ عَمَلِ السَّلَفِ .
.
Karena hal tersebut bukanlah amalan para salaf." (Syarah Mukhtashur Koalil lil Khurosyi V:464)
.
▫ Fatwa Ulama 4 Madzhab Tentang Membaca Ayat Al Quran Di Kuburan Atau Membaca Ayat Quran Dengan Berniat Menghadiahkan Bacaan Quran Tersebut Untuk Orang Yang Telah Mati Baik Dirumah Apalagi Di Kuburan
.
• Pertama, Madzhab Hanafi
.
Berkata Mulla 'Ali Al Qori rahimahullah mengatakan:
.
القراءة عند القبور مكروهة عند أبي حنيفة ومالك وأحمد رحمهم الله في رواية 
.
"Membaca Al Quran di pekuburan itu dibenci menurut Abu Hanifah, Malik dan salah satu pendapat yang datang dari Imam Ahmad rahimahullah
.
لأنه مُحدَث لم ترد به السنة.
.
Karena hal itu termasuk perbuatan muhdats/bid'ah, tak memiliki sumber dari sunnah." (Syarah Fiqhul Akbar hal.115)
.
• Kedua, Madzhab Maliki
.
Berkata Syaikh Ad Dardiir rahimahullah:
.
وكره قراءة شيئ من القرآن عند الموت وبعده على القبور 
.
"Dan dibenci membaca ayat Quran apapun, di sisi orang yang telah mati dan setelah (yang dibaca -pent) di pekuburan.
.
لأنه ليس من عمل السلف 
.
Hal ini dikarenakan (membaca Al Quran di sisi orang yang telah mati atau di pekuburan -pent) bukan amalan para salaf.
.
وإنما كان من شأنهم الدعاء بالمغفرة والرحمة والإتعاظ
.
Dan perkara penting (yang seharusnya dilakukan di pekiburan -pent) mendo'akan untuk mereka (mayat) berupa ampunan dan rahmat dan mengambil pelajaran (dengan mengingat kematian dan bukannya membaca Al Quran di sana -pent)." (As Syarhus Shoghir I:180)
.
• Ketiga, Madzhab Syafi'i
.
Berkata Imam Nawawi rahimahullah:
.
وَأَمَّا قِرَاءَة الْقُرْآن فَالْمَشْهُور مِنْ مَذْهَب الشَّافِعِيّ أَنَّهُ لَا يَصِلُ ثَوَابُهَا إِلَى الْمَيِّت 
.
"Adapun bacaan Al Qur'an (untuk mayat), maka menurut pendapat yang masyhur dari Imam Syafi'i rahimahullah bahwa hal itu tak akan sampai pahalanya kepada mayit."
.
وَقَالَ بَعْض أَصْحَابه : يَصِل ثَوَابهَا إِلَى الْمَيِّت .
.
Namun sebagain ulama Syafi'iyyah lainnya mengatakan, sampai pahalanya kepada mayit." (Syarah Shahih Muslim I:87)
.
Sehubungan cukup kacaunya pendapat di kalangan khusunya Madzhab Syafi'i dalam masalah menghadiahkan bacaan Quran untuk mayit, maka terjadi semacam "kekontradiktifan"  dalam menetapkan hukum membaca ayat Quran di kuburan 
.
Karena kalau ditetapkan membaca ayat Quran dengan niat menghadiahkan pahalanya untuk mayit adalah tidak akan sampai, sebagaimana ini adalah pendapat paling masyhur dari Imam Syafi'i rahimahullah sendiri, maka bagaimanakah lagi jika membacanya di kuburan itu secara umum bukan tempat peribadatan, sebagaimana telah kami paparkan di awal pembahasan. 
.
Semoga satu waktu ana punya waktu luang menelaah ini khususnya dari kalangan ulama Syafi'iyyah rahimahumullah
.
• Keempat, Madzhab Hanbali
.
قال الإمام أحمد لمن رآه يقرأ على القبر: 
.
Imam Ahmad rahimahullah menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya tentang (hukum -pent) orang yang membaca Al Quran di kuburan (maka beliau menjawab):
.
"يا هذا إن قراءة القرآن على القبر بدعة".
.
"Hai fulan, sesungguhnya kembaca Al Quran di pekuburan adalah bid'ah." (Lihat : Hukmu Qiroo'ah 'alal Amwaat, karya al Huwaamidi rahimahullah hal.21)
.
Catatan Tambahan
Adapun ada banyak hadits yang berisi keutamaan membaca surat tertentu di pekuburan seperti surat Yasin, Al Ikhlas, Thaha dan sebagainya maka seluruhnya adalah lemah, bahkan sampai level palsu.
.
Semoga ke depan ana punya waktu insya Allah merinci hal itu dalam tulisan tersendiri …
.
Kesimpulan
Membaca ayat Quran atau surat apapun di pekuburan surat adalah bid'ah.
.
Adapun yang disunnahkan saat memasuki pekuburan adalah seperti mengucapkan salam untuk penghuni kubur, berdo'a ampunan dan rahmat bagi mereka yang mati dalam keadaan islam dan mengingat akan kematian.
.
Walhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin, wa shallallahu 'alaa Muhammadin ..

.
🔰 @Manhaj_salaf1
.

Post a Comment for "HUKUM MEMBACA AL QURAN DI KUBURAN"